Pengenalan UML
UML sebagai sebuah bahasa yang memberikan vocabulary dan tatanan penulisan kata-kata dalam ‘MS Word’ untuk kegunaan komunikasi. Sebuah bahasa model adalah sebuah bahasa yang mempunyai vocabulary dan konsep tatanan / aturan penulisan serta secara fisik mempresentasikan dari sebuah sistem. Seperti halnya UML adalah sebuah bahasa standard untuk pengembangan sebuah software yang dapat menyampaikan bagaimana membuat dan membentuk model-model, tetapi tidak menyampaikan apa dan kapan model yang seharusnya dibuat yang merupakan salah satu proses implementasi pengembangan software.
UML tidak hanya merupakan sebuah bahasa pemograman visual saja, namun juga dapat secara langsung dihubungkan ke berbagai bahasa pemograman, seperti JAVA, C++, Visual Basic, atau bahkan dihubungkan secara langsung ke dalam sebuah object-oriented database. Begitu juga mengenai pendokumentasian dapat dilakukan seperti; requirements, arsitektur, design, source code, project plan, tests, dan prototypes.
Untuk dapat memahami UML membutuhkan bentuk konsep dari sebuah bahasa model, dan mempelajari 3 (tiga) elemen utama dari UML seperti building block, aturan-aturan yang menyatakan bagaimana building block diletakkan secara bersamaan, dan beberapa mekanisme umum (common).
a. Building blocks
3 (tiga) macam yang terdapat dalam building block adalah katagori benda/Things, hubungan, dan diagram. Benda/things adalah abstraksi yang pertama dalam sebuah model, hubungan sebagai alat komunikasi dari bendabenda, dan diagram sebagai kumpulan / group dari benda-benda/things.
• Benda/Things
Adalah hal yang sangat mendasar dalam model UML, juga merupakan bagian paling statik dari sebuah model, serta menjelaskan elemen-elemen lainnya dari sebuah konsep dan atau fisik. Bentuk dari beberapa benda/thing adalah sebagai berikut:
Pertama, adalah sebuah kelas yang diuraikan sebagai sekelompok dari object
yang mempunyai atribute, operasi, hubungan yang semantik. Sebuah kelas mengimplementasikan 1 atau lebih interfaces. Sebuah kelas dapat digambarkan sebagai sebuah persegi panjang, yang mempunyai sebuah nama, atribute, dan metoda pengoperasiannya, seperti terlihat dalam gambar 1.
Kedua, yang menggambarkan ‘interface’ merupakan sebuah antar-muka
yang menghubungkan dan melayani antar kelas dan atau elemen.
‘Interface’ / antarmuka mendefinisikan sebuah set / kelompok dari
spesifikasi pengoperasian, umumnya digambarkan dengan sebuah lingkaran
yang disertai dengan namanya. Sebuah antar-muka berdiri sendiri dan
umumnya merupakan pelengkap dari kelas atau komponen, seperti dalam
gambar 2.
Ketiga, adalah collaboration yang didefinisikan dengan interaksi dan
sebuah kumpulan / kelompok dari kelas-kelas/elemen-elemen yang bekerja
secara bersama-sama. Collaborations mempunyai struktura dan dimensi.
Pemberian sebuah kelas memungkinkan berpartisipasi didalam beberapa
collaborations dan digambarkan dengan sebuah ‘elips’ dengan garis
terpotong-potong. Seperti dapat dilihat pada gambar 3
Keempat, sebuah ‘use case’ adalah rangkaian/uraian sekelompok yang
saling terkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau
diawasi oleh sebuah aktor. ‘use case’ digunakan untuk membentuk
tingkah-laku benda/ things dalam sebuah model serta di realisasikan
oleh sebuah collaboration. Umumnya ‘use case’ digambarkan dengan sebuah
‘elips’ dengan garis yang solid, biasanya mengandung nama, seperti
terlihat dalam gambar 4.
Kelima, sebuah node merupakan fisik dari elemen-elemen yang ada pada saat dijalankannya sebuah sistem, contohnya adalaha sebuah komputer, umumnya mempunyai sedikitnya memory dan processor. Sekelompok komponen mungkin terletak pada sebuah node dan juga mungkin akan berpindah dari node satu ke node lainnya. Umumnya node ini digambarkan seperti kubus serta hanya mengandung namanya, seperti terlihat dalam gambar 5.
Kelima, sebuah node merupakan fisik dari elemen-elemen yang ada pada saat dijalankannya sebuah sistem, contohnya adalaha sebuah komputer, umumnya mempunyai sedikitnya memory dan processor. Sekelompok komponen mungkin terletak pada sebuah node dan juga mungkin akan berpindah dari node satu ke node lainnya. Umumnya node ini digambarkan seperti kubus serta hanya mengandung namanya, seperti terlihat dalam gambar 5.
Hubungan / Relationship
Ada 4 macam hubungan didalam penggunaan UML, yaitu; dependency, association, generalization, dan realization. Pertama, sebuah dependency adalah hubungan semantik antara dua benda/things yang mana sebuah benda berubah mengakibatkan benda satunya akan berubah pula. Umumnya sebuah dependency digambarkan sebuah panah
dengan garis terputus-putus seperti terlihat dalam gambar 6.
Ada 4 macam hubungan didalam penggunaan UML, yaitu; dependency, association, generalization, dan realization. Pertama, sebuah dependency adalah hubungan semantik antara dua benda/things yang mana sebuah benda berubah mengakibatkan benda satunya akan berubah pula. Umumnya sebuah dependency digambarkan sebuah panah
dengan garis terputus-putus seperti terlihat dalam gambar 6.
Kedua, sebuah association adalah hubungan antar benda struktural
yang terhubung diantara obyek. Kesatuan obyek yang terhubung merupakan
hubungan khusus, yang menggambarkan sebuah hubungan struktural diantara
seluruh atau sebagian. Umumnya assosiation digambarkan dengan sebuah
garis yang dilengkapi dengan sebuah label, nama, dan status hubungannya
seperti terliahat dalam gambar 7.
Ketiga, sebuah generalization adalah menggambarkan hubungan khusus
dalam obyek anak/child yang menggantikan obyek parent / induk . Dalam
hal ini, obyek anak memberikan pengaruhnya dalam hal struktur dan
tingkah lakunya kepada obyek induk. Digambarkan dengan garis panah
seperti terlihat dalam gambar 8.
Keempat, sebuah realization merupakan hubungan semantik antara
pengelompokkan yang menjamin adanya ikatan diantaranya. Hubungan ini
dapat diwujudkan diantara interface dan kelas atau elements, serta
antara use cases dan collaborations. Model dari sebuah hubungan
realization seperti terlihat dalam gambar 9.
Diagram
UML sendiri terdiri atas pengelompokkan diagram-diagram sistem menurut aspek atau sudut pandang tertentu. Diagram adalah yang menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model. UML mempunyai 9 diagram, yaitu; use-case, class, object, state, sequence, collaboration, activity, component, dan deployment diagram.
Diagram pertama adalah use case menggambarkan sekelompok use cases dan aktor yang disertai dengan hubungan diantaranya. Diagram use cases ini menjelaskan dan menerangkan kebutuhan / requirement yang diinginkan/ dikehendaki user/pengguna, serta sangat berguna dalam menentukan struktur organisasi dan model dari pada sebuah sistem.
UML sendiri terdiri atas pengelompokkan diagram-diagram sistem menurut aspek atau sudut pandang tertentu. Diagram adalah yang menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model. UML mempunyai 9 diagram, yaitu; use-case, class, object, state, sequence, collaboration, activity, component, dan deployment diagram.
Diagram pertama adalah use case menggambarkan sekelompok use cases dan aktor yang disertai dengan hubungan diantaranya. Diagram use cases ini menjelaskan dan menerangkan kebutuhan / requirement yang diinginkan/ dikehendaki user/pengguna, serta sangat berguna dalam menentukan struktur organisasi dan model dari pada sebuah sistem.
LINK SEJENIS:::
imukhopadhyay.blogspot.com
lilorahardjo.blogspot.com
kunjungi-suwecanata.blogspot.com
aguswiratama50.blogspot.com
bagussudarsana.blogspot.com
criticalmandate.blogspot.com
dewa-hendra.blogspot.com
dwiantari769.blogspot.com
donydaryanto.blogspot.com
goobloggerwi.blogspot.com
endhywandhana26.blogspot.com
iwansafwan.blogspot.com
myownerisyou.blogspot.com
belajar-uml.blogspot.com
angung.blogspot.com
wild-in-the-dark.blogspot.com
inovasiit.blogspot.com
kafy-belajaruml.blogspot.com
seputera.blogspot.com
raindaime.blogspot.com
rezaanugerahjrs.blogspot.com
dennyshare.blogspot.com
materionline7tw.blogspot.com
niakentjiblog.blogspot.com
wahyuseno.blogspot.com
lilorahardjo.blogspot.com
kunjungi-suwecanata.blogspot.com
aguswiratama50.blogspot.com
bagussudarsana.blogspot.com
criticalmandate.blogspot.com
dewa-hendra.blogspot.com
dwiantari769.blogspot.com
donydaryanto.blogspot.com
goobloggerwi.blogspot.com
endhywandhana26.blogspot.com
iwansafwan.blogspot.com
myownerisyou.blogspot.com
belajar-uml.blogspot.com
angung.blogspot.com
wild-in-the-dark.blogspot.com
inovasiit.blogspot.com
kafy-belajaruml.blogspot.com
seputera.blogspot.com
raindaime.blogspot.com
rezaanugerahjrs.blogspot.com
dennyshare.blogspot.com
materionline7tw.blogspot.com
niakentjiblog.blogspot.com
wahyuseno.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar